Latest News

Ingin bisa menulis? Silakan ikuti program training menulis cepat yang dipandu langsung oleh dosen, penulis buku, peneliti, wartawan, guru. Silakan hubungi 08562674799 atau klik DI SINI

Sunday 8 September 2024

Hamidulloh Ibda Latih Pramuka Kwarcab Semarang Menulis Berita


Semarang, Hamidullohibda.com
- Bertempat di Hotel Kusuma Bandungan, Kabupaten Semarang, dosen Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Institut Islam Nahdlatul Ulama (Inisnu) Temanggung Dr. Hamidulloh Ibda mengatakan bahwa semua Pelatih Pembina Pramuka Kwarcab Kabupaten Semarang wajib bisa menulis berita.

“Pelatih Pembina Pramuka menjadi garda depan dalam menginformasikan, membranding, dan membangun iklim literasi kepramukaan yang baik dan bijak. Untuk itu, selain membaca konten, Pelatih Pembina Pramuka juga harus memproduksi konten kepramukaan melalui media massa cetak dan siber, media sosial, maupun layanan pesan," kata Hamidulloh Ibda dalam kegiatan Pitaran Pelatih Pembina Pramuka Tingkat Cabang tahun 2024 pada Sabtu (7/09/2024).

Dalam kesempatan itu, Ibda yang pernah menjadi Ketua Dewan Pengawas dan Pjs Direktur Utama Lembaga Penyiaran Publik Lokal (LPPL) Temanggung TV menyampaikan materi Teknik dan Cara Penyusun Penyusunan Berita dengan sembilan rincian materi utama, yaitu mengapa Pramuka perlu publikasi kegiatan di media massa?, perkembangan media dalam dunia Pramuka rumus kliping dalam berita, 10 ayat jurnalisme, dan kode etik, konsep berita media massa, macam-macam berita, anatomi berita, praktik menulis berita, media sasaran publikasi berita Pramuka dan RTL.

“Publikasi kegiatan Pramuka di media merupakan investasi jangka panjang yang sangat penting. Dengan mempublikasikan kegiatan secara konsisten dan menarik, Pramuka dapat meningkatkan visibilitas, membangun citra positif, mendapatkan dukungan, menjadi referensi, dan memperluas jaringan,” kata Ibda.

Saat pembumaan, Waka Binamuda Kwarcab Kabupaten Semarang jak Gogo Widiyatmoko mengatakan bahwa tujuan Pitaran Pelatih tersebut untuk meningkatkan SDM para Pelatih di Kwarcab Semarang.

Kegiatan tersebut dapat diselenggarakan  berkat kerjasama Pusdik dan Kwarcab guna  memenuhi harapan  Kakwarcab Kak Sukaton Purtomo Priyatmo agar Pramuka Kwarcab Semarang  dapat  berkembang maju dengan pesat.

Ketua Pusdiklatcab Semarang Kak Agus Pristiawan bersama anggotanya bersemangat dalam  mengikuti pelatihan  agar dapat memajukan kegiatan kepramukaan di tingkat Kwarcab.
Menurut Kak Agus Pristiawan, kegiatan pelatihan ini  sangat bermanfaat untuk memudahkan komunikasi dan menginformasikan segala kegiatan yang dilaksanakan  di Kwarcab Semarang. Beliau berharap  Kwarcab Semarang menjadi barometer diwilayah Binwil Semarang, atau wilayah sekitarnya.

Selain Ibda, hadir narasumber webmaster Miftahul Khoiri yang menyampaikan materi Pengelolaan Web Pusdiklatcab Semarang. Kegiatan itu juga dirangkai untuk merillis dan memaksimalkan publikasi website pusdiklatcabsemarang.com.

Dalam kegiatan itu, Pitaran Pelatih yang digelar Pembina Pramuka Kwarcab Kabupaten Semarang menjadi pertemuan Pelatih Pembina Pramuka untuk bertukar pengalaman dalam meningkatkan kualitas pengetahuan, keterampilan dan kreativitas Pelatih Pembina Pramuka. (*)


  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Post a Comment

Item Reviewed: Hamidulloh Ibda Latih Pramuka Kwarcab Semarang Menulis Berita Rating: 5 Reviewed By: Hamidulloh Ibda